Pelatihan Pemanfaatan MS-Excel Untuk Visualisasi Monografi Kelurahan Bagi Perangkat Kelurahan Di Kecamatan Tembalang

Posted on: 2019-06-27 21:02:46

Monografi merupakan pendataan mengenai keadaan desa yang meliputi data umum, data personil, data kewenangan, data keuangan dan data kelembagaan. Data monografi merupakan data yang dapat menggambarkan keadaan desa, namun biasanya data tersebut masih berupa tabel-tabel sehingga kurang menarik untuk dilihat.

Pada Selasa, 25 Juni 2019 tim pengabdian masyarakat Departemen Ilmu Komputer/ Informatika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro melakukan kegiatan pelatihan MS. Excel untuk visualisasi monografi kelurahan bagi perangkat kelurahan di Kecamatan Tembalang. Tim pengabdian masyarakat tersebut terdiri dari 5 dosen yang beranggotakan Drs. Djalal Er Riyanto, M.I.Komp., Indra Waspada, ST, M.T.I., Panji Wisnu Wirawan, ST, M.T., Dr. Retno Kusumaningrum, S.Si, M.Kom., dan Beta Noranita, S.Si, M.Kom. Tujuan diadakan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan kemampuan dasar kepada perangkat kelurahan yang merupakan tenaga IT dalam mengkonversi monografi kelurahan dan data tingkat kecamatan ke dalam bentuk lembar kerja elektrotik MS. Excel yang siap divisualisasikan, serta memberikan kemampuan dalam memanfaatkan MS. Excel untuk visualisasi monografi kelurahan dan data tingkat kecamatan untuk publikasi atau untuk bahan proses lebih lanjut.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Ruang Rapat Camat Tembalang yang dihadiri 15 tenaga IT yang berasal dari setiap kelurahan yang ada di Kecamatan Tembalang. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB yang diawali dengan sambutan dari Ketua Departmen Ilmu Komputer/ Informatika Undip, Dr. Retno Kusumaningrum, S.Si, M.Kom. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Kecamatan Tembalang yaitu Bapak Kusrin selaku Sekretaris Camat Tembalang. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh tim pengabdian masyarat yang dibagi menjadi 3 sesi. Materi pertama adalah visualisasi data yang disampaikan oleh Bapak Drs. Djalal Er Riyanto, M.I.Komp. Selanjutnya, materi kedua disampaikan oleh Bapak Indra Waspada, ST, M.T.I. yang membahas tentang MS. Excel untuk visualisasi data. Materi terakhir adalah visualisasi monografi desa yang dikemas dalam bentuk praktik dan diskusi antara tim pengabdian dengan perangkat kelurahan.