Game Edukasi berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia 5-6 tahun di PAUD Permata UNDIP

Posted on: 2024-05-08 09:45:33

Pendidikan dengan media smartphone merupakan pendekatan pembelajaran interaktif yang dapat merangsang indera penglihatan dan memperkuat daya ingat anak untuk meningkatkan pendidikan anak. Salah satu contoh media pembelajaran dengan smartphone yang disenangi oleh anak-anak usia dini yaitu pembelajaran berbasis permainan (game). Game merupakan salah satu contoh multimedia yang dapat dipadukan dengan pembelajaran yang biasa disebut dengan permainan dengan tujuan pembelajaran (education game). Media pembelajaran yang interaktif dapat membantu seorang anak dalam memahami pelajaran yang diberikan, metode pembelajaran untuk anak usia dini juga belajar sambil bermain.

Game juga merupakan media pembelajaran yang dapat merangsang daya pikir manusia termasuk meningkatkan konsentrasi dan memecahkan sebuah masalah. Berdasarkan pola yang dimiliki oleh game tersebut, pemain dituntut untuk belajar sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Status game, instruksi, dan tools yang disediakan oleh game akan membimbing pemain secara aktif untuk menggali informasi sehingga dapat memperkaya pengetahuan dan strategi saat bermain. Jika game adalah suatu hal yang diminati anak-anak, maka penggabungan antara game dan pendidikan merupakan suatu hal yang akan menunjang kecerdasan anak. Oleh karena itu game bisa dimanfaatkan sebagai media bermain anak yang memiliki unsur edukasi atau pengetahuan sehingga dapat meningkatkan membaca dan kecerdasan anak.

Pada Rabu, 7 Februari 2024, Tim Pengabdian kepada Mayarakat Departemen Informatika FSM UNDIP, mengadakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dengan topik  Game Edukasi berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia 5-6 tahun di PAUD Permata UNDIP. Kegiatan ini dilaksanakan dengan berinteraksi secara langsung dengan anak-anak, peserta didik PAUD Permata UNDIP dan juga diikuti oleh 9 orang guru PAUD tersebut.

Metode pelaksanaan yang digunakan adalah menyediakan game pembelajaran yang sesuai dengan anak PAUD usia 5-6 tahun, dengan menggunakan smartphone berbasis android, kemudian memberikan arahan dan penjelasan tentang manfaat dan pembelajaran pada game tersebut, dilanjutkan dengan meminta anak-anak untuk mencoba permainan.

Diawal permainan, para siswa diminta untuk login dengan menuliskan nama, dipandu oleh guru. Kemudian para siswa masuk ke menu utama permainan, dimana terdapat beberapa pilihan tema, yaitu : tema buah, tema hewan dan tema tumbuhan. Selain itu terdapat juga pilihan menu belajar alfabet di bagian bawah pilihan tema, tombol silang di kanan atas untuk keluar dari permainan, dan pilihan tombol leaderboard untuk menampilkan papan skor teratas berdasarkan permainan yang dimainkan oleh para siswa. Selanjutnya, setelah pengguna memilih salah satu dari tema yang ada pada halaman sebelumnya, pengguna akan diarahkan ke tampilan menu bermain berdasarkan tema yang dipilih, meliputi tema buah, tema hewan, dan tema tumbuhan yang masing-masing menampilkan 3 pilihan minigame yaitu, minigame menyusun huruf, minigame mewarnai gambar, dan minigame menebak yang benar.

Aplikasi bermain ini juga dilakukan evaluasi terhadap siswa serta uji kesesuaian kompetensi pada guru. Hasil wawancara dengan para responden, dalam hal ini para guru PAUD Permata UNDIP, mengenai kesesuaian kurikulum TK-B yang diterapkan di PAUD Permata UNDIP dengan game edukasi yang dikembangkan, responden menyatakan bahwa seluruh minigame sudah sesuai dengan kompetensi yang ada pada kurikulum di PAUD Permata Undip.  

Dengan terlaksananya pengabdian kepada masyarakat ini, Game edukasi digital ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran alternatif untuk anak-anak, khususnya yang berusia 5–6 tahun di PAUD Permata UNDIP pada khususnya, dan semua anak-anak pada umumnya, karena game edukasi ini sudah sesuai dengan kompetensi dan berhasil mengadopsi kurikulum PAUD Permata UNDIP, yang sesuai untuk anak berusia 5-6 tahun.