Laboratorium Sistem dan Teknologi Informasi berfokus kepada pengembangan sistem Informasi antara lain Enterprise System, Business Process Management, Business Modelling, Data and Knowledge Management, dan Information System Management. Lab STI juga diharapkan dapat menjadi wadah berbagai riset keahlian Sistem Informasi mulai dari aspek strategis, manajemen proyek, peningkatan performa proses bisnis dengan dukungan SI/TI sampai pada evaluasi kinerja TI dalam mendukung organisasi.

Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak adalah laboratorium yang melakukan kajian, riset, pengembangkan metoda dan tool untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak. Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas, bekerja secara profesional dalam tim, pengelolaan perangkat lunak, menyusun dokumentasi, serta pemeliharaan dan pengembangan perangkat lunak.

Laboratorium Sistem Cerdas berfokus pada penyelesaian masalah menggunakan metode-metode berbasis kecerdasan buatan mulai dari penalaran berbasis pengetahuan, penerapan algoritma machine learning, maupun state of the art algorithm seperti deep learning. Domain permasalahan yang diangkat beragam mulai dari data teks (sentiment analysis, search engine, machine translation, dll), citra/video (classification, detection, understanding, anotation, dll), maupun audio (speech recognition, music information retrieval, audio classification, dll).

Laboratorium Komputasi dan Grafika fokus pada dua hal yaitu Komputasi (computational science ) dan Grafika (computer vision ). Pengembangan bidang komputasi fokus pada bidang multi-disipliner yang menggunakan komputasi canggih dan analisis data untuk memahami dan memecahkan masalah yang kompleks dengan teori maupun eksperimen. Bidang ini menggabungkan pemikiran komputasional, metode komputasi modern, perangkat dan teknologi terbaru untuk mengatasi masalah non-numerik. Sedangkan untuk pengembangan bidang grafika fokus pada bidang interdisipliner yang berhubungan dengan bagaimana komputer dapat dibuat untuk mendapatkan pemahaman tingkat tinggi dari gambar digital atau video, termasuk metode untuk memperoleh, memproses, menganalisis dan memahami gambar digital, dan ekstraksi data dimensi tinggi dari dunia nyata untuk menghasilkan informasi numerik atau simbolis.

Ketua : Ragil Saputra, S.Si, M.Cs

Sekretaris : -

Laboran : Beni Nugroho

Asisten Lab : Rizqi Hadi Prawira

  1. E-Learning
  2. KulOn (kuliah online) yang beralamat di http://kulon.undip.ac.id merupakan e-learning yang khusus untuk civitas akademika universitas diponegoro. Dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkan KulOn sebagai media pembelajaran online. Setiap dosen memiliki akun untuk login menggunakan username dan password yang unik. Sedangkan mahasiswa dapat mengakses KulOn dengan nomor induk mahasiswa.

  3. Robot
  4. Prodi Teknik Informatika memiliki 2 robot lego yang digunakan oleh laboratorium sistem cerdas program studi Teknik Informatika untuk mengembangan penelitian robotik.

  5. Perpustakaan Fakultas
  6. Perpustakaan Fakultas Sains dan Matematika memiliki alamat web di http://digilib.fsm.undip.ac.id, menyediakan katalog buku secara online. Perpustakaan ini menyediakan buku komputer sebanyak 305 judul dengan total 720 eksemplar. Setiap dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkan perpustakaan tersebut untuk keperluan belajar dan mengajar.

  7. UPT Perpustakaan Pusat
  8. Perpustakaan pusat Unversitas Diponegoro yang terletak di gedung Widya Puraya dapat dimanfaatkan mahasiswa dan dosen untuk mencari referensi baik buku maupun jurnal. Perpustakaan ini memiliki katalog online yang beralamat di http://digilib.undip.ac.id

  9. Pojok BNI
  10. Pojok BNI merupakan fasilitas yang disediakan oleh PT Bank Negara Indonesia untuk mendukung pengembangan layanan yang ada di UPT Perpustakaan Pusat. Mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di dalamnya untuk keperluan belajar seperti buku ilmiah dan populer sebanyak 326 eksemplar, ruangan ber-AC, 8 client untuk koneksi internet, 1 PC server, dan ruang diskusi.

  11. Sampoerna Corner
  12. Pojok BNI merupakan fasilitas yang disediakan oleh PT Bank Negara Sampoerna Corner terletak di Gedung Widya Puraya yang merupakan bagian dari program PT HM Sampoerna Tbk untuk peningkatan pendidikan di Indonesia. Sampoerna Corner menyediakan akses internet dan buku-buku populer.

  13. MSDNAA
  14. MSDNAA merupakan program dari Microsoft yang memungkinkan mahasiswa, dosen, serta staff fakultas untuk mengunduh software gratis dari Microsoft. Mahasiswa dapat memanfaatkan software-software tersebut untuk membuat program pada mata kuliah-mata kuliah yang berhubungan dengan pemrograman seperti Proyek Perangkat Lunak dan Pemrograman Internet.

  15. Server
  16. Prodi telah memiliki server untuk keperluan hosting dan internet. Setiap mahasiswa dapat memiliki account hosting di alamat http://cpanel.if.undip.ac.id

  1. Futsal Indoor Stadium Universitas Diponegoro
  2. Stadion Olahraga Universitas Diponegoro
  3. Lapangan Basket Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro
  4. Lapangan Voli Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro
  1. Rumah Sakit Nasional Diponegoro
  2. Poliklinik Universitas Diponegoro
  3. Masjid Fakultas Sains dan Matematika
  4. Masjid Kampus Universitas Diponegoro
  5. Ruang Akses Internet dan Diskusi (Pojok BNI dan Sampoerna Corner)
  6. WiFi Diseluruh Area Universitas Diponegoro