Tahun

Semester

Pendidikan Agama

KODE : UNW00001

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Visi mata kuliah Pendidikan Agama adalah "terbentuknya mahasiswa yang memiliki kepribadian utuh (kaffah) dengan menjadikan ajaran Islam sebagai landasan berpikir dan berperilaku dalam pengembangan kepribadian, keilmuan, dan profesinya". Mahasiswa belajar menjadi ilmuwan dan profesional yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan memiliki etos kerja, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan.

Dasar Pemrograman

KODE : AIK21311

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Pada semester 1, mahasiswa berkenalan dengan pemrograman sederhana dalam kuliah Dasar Pemrograman. Pemrograman ini memandang bahwa solusi persoalan adalah sekumpulan fungsi yang saling memanggil dan saling melayani. Konsep tipe data menjadi dasar pengolahan nilai dengan konsep rekursif. Fokus dari pemrograman ini adalah pembuatan rancanagan fungsi secara utuh, yang terdiri atas Definisi, Spesifikasi , Realisasi, dan Aplikasi. Di kelas, mahasiswa belajar notasi fungsional, sedangkan di laboratorium, mahasiswa belajar salah satu bahasa pemrograman yang relevan, misalnya LISP, Haskell, Scheme, atau F#.

Dasar Sistem

KODE : AIK21312

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjadi dasar pada bidang kajian infrastruktur siste yang mengenalkan sistem digital sebagai dasar membangun sistem komputer, hingga pembangunan komponen prosesor sederhana berupa SAP-1 (simple as possible - 1).

Logika Informatika

KODE : AIK21314

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Materi yang diberikan pada kuliah ini mencakup pengantar computational logic, representasi proportional logic mencakup sintaks dari semantik, representasi relational logic mencakup sintaks dan semantik, berbagai teknk pembuktian dari pendekatan semanctic reasoning maupun proof method untuk proportional logic dan relational logic, serta paradigm pemrograman deklaratif yang menggunakan dasar relational logic untuk melakukan penalaran.

Bahasa Inggris

KODE : UNW00006

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional perlu dikuasai mahasiswa terutama untuk mempelajari materi kuliah dan literatur berbahasa Inggris. Dalam kuliah ini, mahasiswa belajar materi uji bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang meliputi aspek mendengar, menganalisis struktur, membaca, dan menulis paragraf dalam bahasa Inggris. Aspek berbicara dipelajari secara terpadu dengan aspek-aspek lain.

Matematika I

KODE : AIK21310

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar Matematika I, konsep dan aplikasi deratif, integral tak tentu dan tentu.

Struktur Diskrit

KODE : AIK21313

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar matematika kepada mahasiswa meliputi tentang himpunan, fungsi, relasi dan graph selain itu juga mengenai kombinatorik, system formal, tree dan aplikasi pemrograman agar memberikan dasar matematis untuk kuliah - kuliah di ilmu komputer.

Bahasan Indonesia

KODE : UNW00004

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini berisi pengetahuan tentang sejarah kedudukan dan fungsi bahasa, ragam bahasa ilmiah, membaca kritis, EBI da kata baku, kalimat efektif, paragraf, menulis makalah dan laporan, menulis proposal, kutipan dan rujukan, daftar pustaka, presentasi ilmiah, dan penyajian lisan, dan menulis surat.

Algoritma dan Pemrograman

KODE : AIK21321

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentifikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi. Mahasiswa mampu menerapkan konsep abstraksi dan struktur data dalam merancang program komputer.

Organisasi dan Arsitektur Komp

KODE : AIK21322

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan dasar kerja dan komponen pembentuknya serta urutan untuk mengeksekusi suatu instruksi. Juga menjelaskan organisasi dan fungsi setiap komponen pembentuk komputer serta menjelaskan konsep pipelining sebagai salah satu cara pemrosesan paralel.

Statistika

KODE : AIK21323

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Statistika merupakan mata kuliah yang berguna untuk membantu mata kuliah lain yang berhubungan dengan penelitian. Harapan yang ingin dicapai adalah dapat menggunakan ilmu statistik untuk penelitian dengan berdasar pada metode ilmiah. Perangkat lunak yang dipakai adalah SPSS. Dalam pembelajarannya menggunakan cara Discovery Lernaning dan Problem Based Learning yang digabung dengan Simulation/Demonstration. Untuk proses analisisnya dimulai dengan pemberian kasus, input data, komputasi, hingga keluar olahan. Selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan metode yang relevan yang ada di statistika.

Aljabar Linear

KODE : AIK21324

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membekali kemampuan mahasiswa dalam memformulasikan masalah sains dan teknologi ke dalam ruang vektor, basis dan dimensi, transformasi linear, ruang inner product, eigen vektor dan eigen values, bentuk kuadrat, dan bentuk kanonik Jordan(pengayaan).

Matematika II

KODE : AIK21320

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membahas mengenai integral lipat dua serta persamaan differensial biasa dan parsial.

Olah Raga

KODE : UNW00005

SKS : 1

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membekali mahassiswa dengan pemahaman tentang gerak, aktivitas fisik, permainan, dan olah raga.Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman tentang fungsi dan esensi pendidikan jasmani, olah raga, serta hubungannya dengan kebugaran dan kesehatan.

Pancasila

KODE : UNW00002

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Mahasiswa mampu membangun paradigma baru dalam dirinya sendiri nilai-nilai Pancasila melalui kemampuan menjelaskan sejarah, kedudukan dan hakikat sila-sila Pancasila, merespon persoalan aktual bangsa dan negara, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan.

Kewirausahaan

KODE : UNW00007

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Melalui proses kreatif dan inovatif akan tercipta sesuatu yang baru dan berbeda yang dapat dijadikan nilai tambah untuk mencapai keunggulan bersaing.

Mata kuliah Kewirausahaan dirancang membekali mahasiswa agar dapat mempunyai pengetahuan, jiwa kewirausahaan, dan mampu melakukan simulasi kewirausahaan. Melalui kuliah ini kepada mahasiswa akan diberikan pengetahuan serta pemahaman tentang pentingnya karakter dan semangat Kewirausahaan, mengkomunikasikan ide dan pemikirannya kepada orang lain, dan mampu secara mandiri atau bersama-sama menciptakan produk jasa maupun layanan yang mempunyai potensi untuk dijual.

Struktur Data

KODE : AIK21331

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini berisi tentang tipe tipe data yang dibutuhkan dalam pemrograman, seperti tipe data dasar, array, stack, queue, string, set, graph, list, dan hash.

Sistem Operasi

KODE : AIK21332

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Sistem Operasi merupakan kajian mendasar untuk pendidikan ilmu komputer yang membahas konsep-konsep secara teoritis dan aspek perancangan sistem operasi, yaitu apa yang dilakukan sistem operasi dan bagaimana sistem operasi diimplementasikan.

Basis Data

KODE : AIK21333

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah basis data bertujuan memberikan pengetahuan mengenai basis data secara teoritis dan praktis yang difokuskan pada sistem basis data relational, serta kemampuan dasar di dalam menggunakan Sistem Manajemen Basis Data. Pengetahuan dan kemampuan dasar tersebut memberikan manfaat di dalam merancang pengelolaan data untuk suatu sistem informasi. Praktikum di laboratorium komputer dan penyelesaian tugas dari dosen akan memberikan ketrampilan dasar di dalam menggunakan Sistem Manajemen Basis Data yang dirancang untuk sistem personal maupun sistem basis data komersial.

Metode Numerik

KODE : AIK21334

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membekali kemampuan Mahasiswa dalam memformulasikan masalah sains dan teknologi ke dalam model matematika dan metode numerik, selanjutnya mencari penyelesaiannya dengan membuat program komputer.

Interaksi Manusia Komputer

KODE : AIK21335

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Matakuliah ini memberikan dasar konsep dan praktis tentang interaksi manusia dan komputer, model interaksi, perancangan dan implementasi antar-muka manusia dan komputer serta penggunaan tools untuk pengembangan software interface manusia dan komputer. Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mempunyai pemahaman tentang human cognition, memori manusia, penyelesaian masalah, bahasa serta apa dan bagaimana keterkaitan hal-hal tersebut dalam merancang dan mengembangkan sistem interaktif.

Pemrograman Berorientasi Objek

KODE : AIK21341

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek menyajikan konsep dan penerapan paradigma Pemrograman Berorientasi Objek.

Jaringan Komputer

KODE : AIK21342

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah jaringan komputer diawali dengan pemahaman terhadap konsep protokol dilanjutkan dengan memperkenalkan dua stack protokol yaitu OSI dan TCP/IP. Berikutnya dibahas detil tiap lapisan pada TCP/IP dari bawah (lapisan fisik) hingga yang teratas (lapisan aplikasi). Pemahaman terhadap protokol-protokol TCP/IP menjadi dasar untuk dapat merancang jaringan komputer secara efektif, efisien, dan aman di suatu organisasi nyata.

Manajemen Basis Data

KODE : AIK21343

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Materi yang diberikan pada kuliah ini mencakup peningkatan perfomansi basis data melalui perbaikan skema (termasuk indeks) dan query, pengelolaan keamanan dan kontrol akses pengguna, pengelolaan transaksi serta pemulihan basis data saat terjadi gangguan, pemrograman basis data menggunakan fungsi dan prosedur tersimpan di basis data, oenjagaan integritas basis data dengan memanfaatkan constraint, assertions, dan triggers, serta pengelolaan basis data terdistribusi,

Grafika dan Komputasi Visual

KODE : AIK21344

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Grafika dan Komputasi Visual adalah salah satu mata kuliah dalam Ilmu Komputer yang membahasa tentang konsep grafika komputasi dan pengelolaan citra digital. Pada mata kuliah ini akan dibahas tentang konsep dan perbedaan antara grafika komputer dan pengelolaan citra digital. Materi akan berkisar tentang pembangunan suatu primitif dalam grafika komputer dan diikuti dengan teknik-teknik manipulasi pada objek primitif. Primitif yang dimaksud adalah primitif pada dimensi 2 dan dimensi 3. Selain itu, pembahasan dilanjutkan dengan konsep citra digital dan teknik-teknik yang dapat digunakan dalam manipulasi dan pengelolaan citra digital. 

Rekayasa Perangkat Lunak

KODE : AIK21345

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang memberikan pengertian tentang rekayasa perangkat lunak dan kemampuan dasar dalam membangun perangkat lunak skala kecil dan sederhana, serta kemampuan mengoperasikan tools terkait pemodelan perangkat lunak. Adapun materi yang diberikan meliputi: Tipe Perangkat Lunak (P/L); Pengantar Rekayasa P/L; Siklus Hidup P/L, mencakup pengumpulan kebutuhan, analisis, perancangan, implementasi, pengujian, pengoperasian, dan perawatan; Berbagai Model Proses, mencakup waterfall, prototyping,, incremental, agile process model, dll; Metodologi Pembagunan P/L (termasuk metode berorientasi objek): kelebihan, kekurangan, dan aspek praktisnya di industri; Standard dan Dokumentasi P/L, mencakup SDD, SRS, SDD, STP; Alat Bantu Pemodelan P/L, mencakup UML dan DFD; Studi kasus: Pembangunan P/L Skala Kecil (diberikan spesifikasi kebutuhan, dilakukan analisis, perancangan, dan perencanaan pengujian). Dengan materi tersebut diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan diri untuk mempelajari mata kuliah lain yang lebih lanjut dengan baik.

Sistem Cerdas

KODE : AIK21346

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini merupakan mata uliah wajib yang mempelajari tentang solusi-solusi dari masalah yang sulit dann tidak praktis jika menggunakan pendekatan tradisional. Hal ini untuk mendukung oencarian solusi bagi aplikasi-aplikasi harian seperti email, pemrosesan kata dan pencarian, dimana dalam desain dan analisis dari otomatis agent tergantung dari lingkungan dan persepsi yang di terima. Ada tiga hal utama yang dipelajari yaitu skema representasi pengetahuan, mekanisme penyelesaian masalah dan teknik pembelajaran.

Analisis dan Strategi Algoritm

KODE : AIK21354

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mahasiswa belajar cara menganalisis algoritma dari aspek komputasional dan merancang solusi berdasarkan kasus yang mirip dengan algoritma baku yang sudah ada, tentunya dengan sedikit penyesuaian.

Pengembangan Berbasis Platform

KODE : AIK21351

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Pada semester 5 (lima), mahasiswa belajar pemrograman Web dan aplikasi mobile. Mahasiswa belajar konsep skripting paling sederhana HTML-*ML, CSS, *script, sampai bahasa PHP/ASP. Mahasiswa juga belajar membuat aplikasi mobile sederhana. Selain itu mahasiswa dikenalkan pada platform lain yaitu game dan industrial.

Komputasi Tersebar dan Paralel

KODE : AIK21352

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Kualitas Komputer Tersebar dan Paralel menyajian konsep dan penerapan Komputasi Tersebar dan Paralel.

Kewarganegaraan

KODE : UNW00003

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mahasiswa belajar untuk menganalisis masalah kontekstual kewarganegaraan, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air,  demokrasi berkeadaban dan kesadaran hukum.

Sistem Informasi

KODE : AIK21353

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Pada kuliah ini diberikan pengerian dan pengetahuan tentang jenis, fungsi, struktur dan peran informasi berbasis komputer pada suatu organisasi. Selain itu mahasiswa juga diberikan kemampuan untuk melakukan analisis dan penetapan kebutuhan informasi organisasi, mentransformasikan kebutuhan kedalam rancangan sistem informasi yang sesuai dan menerapkannya ke dalam bentuk prototipe, sehingga organisasi dan manajemen akan lebih produktif, efisien, dan efektif sehingga diharapkan akan memiliki keunggulan untuk berkompetisi.

Proyek Perangkat Lunak

KODE : AIK21355

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Definisi perangkat lunak skala besar; berbagai masalah dalam pengembangan perangkat lunak skala besar dan solusinya; abstraksi; SW Pattern; code generator; pengenalan berbagai platform, framework, dan tools; konfigurasi P/L (konsep, tools, pracitces...); dilengkapi dengan studi kasus berupa proyek pembangunan P/L skala besar dengan mempraktekkan semua teori yang telah diberikan, atau berupa reverse engineering suatu perangkat lunak skala besar untuk mendapatkan modelnya.

Machine Learning

KODE : AIK21356

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Seiring dengan semakin banyaknya berbagai aplikasi di berbagai domain (seperti bioinformatics, computer vision, robotics, dan lain-lain) maka kita akan menyaksikan semakin banyak pula dijumpai data yang kompleks, sehingga diperlukan sebuah cara untuk dapat menyajikan informasi data-data tersebut secara lebih efektif dan efisien. Bidang machine learning menawarkan beberapa teknik untuk (otomatis) menyimpulkan pola yang erguna dalam data, dan membuat prediksi dari data terebut. Teknik-teknik yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini terfokus ke dalam tiga metode, yakni supervised learning, unsupervised learning dan reinforment learning. Pada mata kuliah ini juga akan dijelaskan bagaimana teknik evaluasi untuk menilai kinerja dari ketiga metode teserbut. Kajian mengenai teknik utuk mengatasi permasalahan curse of dimentionality serta ensamble learning menjadi bahasan akhir dari mata kuliah machine learning.

Uji Perangkat Lunak

KODE : AIK21361

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Uji Perangkat Lunak memberikan landasan pegetahuan mengenai pengujian perangkat lunak yang meliputi siklus hidup pengujian, dan berbagai macam jenis pengujian yang dapat dilakukan pada perangkat lunak. Materi disusun berdasarkan siklus hidup pengujian, dtambah dengan berbagai materi terkait seperti pengujian pada artifak/aplikasi spesifik, pembentukan tim pengujian, dan memonitoring pengujian.

Masyarakat dan Etika Profesi

KODE : AIK21362

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar berguna untuk membekali mahasiswa terkait isu sosial, etis, legal dan profesional dalam disiplin Ilmu Komputer. Adapun materi yang diberikan meliputi: etika komputer, kakas analitas dan pengambilan putusan, kekayaan intelektual, kejahatan komputer dan aspek legalnya, privasi, dampak sosial teknologi informasi, klasifikasi profesi, kode etik profesi, organisasi/asosiasi profesi dan sertifikasi di bidang TI. Dengan materi tersebut diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk bersikap etis dan profesional dalam menjalankan karirnya di bidang TI.

Teori Bahasa dan Otomata

KODE : AIK21364

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Teori Bahasa dan Automata merupakan matakuliah yang mempelajari konsep-konsep, metode-metode yang dapat digunakan untuk mengetahui macam-macam mesin automata, masukannya, atau keluarannya beserta tatabahasanya yang digunakan sebagai aturan yang berlaku pada mesin automata tersebut. Matakuliah ini berisi mengenai jenis-jenis automata, masukan string pada automata, beserta keluaran yang dihasilkan oleh automata tersebut.

Manajemen Proyek

KODE : AIK21365

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Kuliah ini memberikan landasan pengetahuan mengenai manajemen proyek dalam teknologi informasi dan penerapannya pada sebuah proyek perangkat lunak berdasarkan metodologi pengembangan perangkat lunak sesuai standar internasional.

Praktik Kerja Lapangan

KODE : AIK21571

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang berguna untuk mempraktikkan ilmu yang didapat di bangku kuliah  ke instansi / perusahaan di luar kampus. PKL berguna sebagai latihan kerja agar dapat bekerja sama  dengan orang lain dan mendapatkan pengetahuan lain dari tempat PKL. Selain itu agar dapat terjalin hubungan kerja sama antara kampus dengan instansi/perusahaan. Dalam pembelajarannya menggunakan cara Problem Based Learning, Discovery Learning, Self-Directed Learning dan digabung dengan Simulation. Secara umum susunan materi adalah: Pendahuluan, Tinjauan Instansi / Perusahaan, Dasar Teori, Analisis dan Perancangan, Implementasi dan Pengujian, Penutup, Daftar Pustaka dan Lampiran. Dengan urutan materi tersebut diharapkan mudah dan terjalin kesamaan pandangan dalam penyusunan laporan PKL. 

Metode Perangkat Lunak

KODE : AIK21411

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini memberikan landasan mengenai berbagai metode pengembangan perangkat lunak yang meliputi heuristics method dan agile method. Berbagai karakteristik dari masing-masing metode pengembangan diuraikan sehingga mahasiswa diharapkan dapat memilih metode yang tepat untuk sebuah proyek.

Metodologi dan Penulisan Ilmia

KODE : AIK21588

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang mempelajari konsep-konsep dasar penelitian,  proses dan teknik penulisan ilmiah seperti pembuatan proposal penelitian, teknikteknik dalam analisa data, teknik penulisan artikel imiah serta kiat-kiat dalam melakukan presentasi ilmiah.

Tugas Akhir

KODE : AIK21589

SKS : 6

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah khusus yang berguna untuk menyusun karya ilmiah mandiri sebagai syarat akhir untuk mendapatkan gelar sarjana. Tugas akhir/Skripsi merupakan kumpulan atau  gabungan dari banyak mata kuliah sebelumnya pada kurikulum yang ada. Cara pengujiannya disyaratkan semua mata kuliah lain yang diambil mahasiswa tersebut harus sudah lulus. Dalam pembelajarannya biasanya menggunakan cara Problem Based Learning, Discovery Learning, Self-Directed Learning dan digabung dengan Simulation. Secara umum susunan materi adalah: Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metodologi Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Penutup, Daftar Pustaka dan Lampiran. Dengan urutan materi tersebut diharapkan mudah dan terjalin kesamaan pandangan dalam penyusunan laporan TA. 

Algoritma Evolusioner

KODE : AIK21441

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini mempelajari algoritma berdasar prinsip evolusi pada makhluk hidup. Dalam mata kuliah ini akan dipelajari Masalah Optimasi, Algoritma Genetika, Optimasi masalah kombinatorial, Strategi Evolusi, Genetic Programming dan Evolutionary Programming.

Rekayasa Sistem

KODE : AIK21414

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membahas mengenai metode dalam melakukan reengineering / rekayasa ulang sebagai bagian dari evolusi perangkat lunak. Metode yang dibahas pada mata kuliah ini  adalah rekayasa ulang dari data yang telah ada serta rekayasa ulang dari kode dan sistem yang telah terbentuk. Hal tersebut dilakukan untuk membuat sistem yang telah ada mampu berintegrasi dengan sistem baru atau untuk pengembangan sistem. 

Sistem Tertanam

KODE : AIK21435

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah sistem tertanam diawali dengan pemahaman terhadap konsep sistem tertanam kemudian dilanjutkan dengan pengenalan sensor, aktuator, serta perancangan perangkat keras menggunakan Arduino, serta implementasi perangkat lunak dalam membangun suatu sistem tertanam sederhana yang berguna. Berikutnya dibahas rancang bangun pada perangkat embedded sistem yang telah memiliki  sistem operasi  yaitu raspberry pi beserta implementasinya pada berbagai proyek aplikatif.

Robotika

KODE : AIK21443

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang berguna untuk memperdalam kemampuan informatika. Adapun materi yang diberikan meliputi: Perkembangan sistem robot; mengintegrasikan sensor, aktuator dan pemroses; mengimplementasikan sofware pada perangkat keras; paradigma hirarki dan reaktif; topological path planning; metrik path planning; dan localization dan map making. 

Temu Balik Informasi

KODE : AIK21444

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Seiring dengan perkembangan internet dan teknologi hardware yang kian pesat, maka volume data teks, image, audio, dan video juga semakin meningkat.  Hal tersebut mengakibatkan perlunya sebuah teknik yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian kembali data-data tersebut sesuai dengan kebutuhan dari para penggunanya.  Atau dengan kata lain diperlukan sebuah sistem temu balik informasi yang memiliki kinerja yang optimal, yaitu data-data yang diperoleh kembali tersebut harus memiliki relevansi yang tinggi dengan kebutuhan pengguna.

Dasar Pemrograman

KODE : PAC210

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini mempelajari struktur dasar algoritma, notasi algoritmik, tipe, harga & ekspresi, struktur kontrol algoritmik, pemilihan (analisa kasus), fungsi, prosedur, pengulangan, pemrosesan sekuensial, array, searching dan sorting pada array, mesin abstrak, dan arsip sekuensial.

Struktur Diskrit

KODE : PAC201

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar matematika kepada mahasiswa meliputi tentang himpunan, fungsi, relasi dan graph selain itu juga mengenai kombinatorik, system formal, tree dan aplikasi pemrograman agar memberikan dasar matematis untuk kuliah - kuliah di ilmu komputer.

Logika dan Sistem Digital

KODE : PAC260

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip dasar dari sistem digital dan mencakup sistem bilangan dan sistem kode, aljabar Boole, gerbang logika, penyederhanaan rangkaian logika (peta Karnaugh), rangkaian kombinasional (pembanding dan penjumlah biner), flip-flop (bistabil), pencacah, register, decoder/demultiplekser dan multiplekser, monostabil, astabil dan picu Schmitt, serta berbagai aplikasi rangkaian digital.

Matematika I

KODE : PAC200

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar Matematika I, konsep dan aplikasi deratif, integral tak tentu dan tentu.

Bahasa Indonesia

KODE : MPK103

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini berisi pengetahuan tentang sejarah kedudukan dan fungsi bahasa, ragam bahasa Ilmiah, membaca kritis, EBI dan kata baku, kalimat efektif, paragraf, menulis makalah dan laporan, menulis proposal, kutipan dan rujukan, daftar pustaka, presentasi ilmiah, dan penyajian lisan, dan menulis surat.

Pendidikan Agama

KODE : MPK101

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Visi mata kuliah Pendidikan Agama Islam adalah “terbentuknya mahasiswa yang memiliki kepribadian utuh (kaffah) dengan menjadikan ajaran Islam sebagai landasan berpikir dan berperilaku dalam pengembangan kepribadian, keilmuan, dan profesinya”. Mahasiswa belajar menjadi ilmuwan dan profesional yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan memiliki etos kerja, serta menjunjung tinggi nilai - nilai kemanusiaan dan kehidupan.

Teknologi Informasi

KODE : MWU110

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan dan menyajikan topik tentang definisi dan ruang lingkup teknologi informasi, komponen dan elemennya, serta bagaimana penerapan dan aplikasinya dalam industry dan institusi; memandang ketiga elemen dalam teknologi informasi, yaitu data, komputer, dan jaringan serta mengidentifikasi internet sebagai domain utama dalam transaksi informasi.

Algoritma dan Pemrograman

KODE : PAC211

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini berisi tentang tipe tipe data yang dibutuhkan dalam pemrograman, seperti tipe data dasar, array, stack, queue, string, set, graph, list dan hash.

Aljabar Linear

KODE : PAC202

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membekali kemampuan mahasiswa dalam memformulasikan masalah sains dan teknologi ke dalam ruang vektor, basis dan dimensi, transformasi linear, ruang inner product, eigen vector dan eigen values, bentuk kuadrat, dan bentuk kanonik Jordan (pengayaan).

Organisasi dan Arsitektur Komp

KODE : PAC240

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan dasar kerja dan komponen pembentuknya serta urutan untuk mengeksekusi suatu instruksi. Juga menjelaskan organisasi dan fungsi setiap komponen pembentuk komputer serta menjelaskan representasi data pada sebuah komputer.

Matematika II

KODE : PAC300

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membahas mengenai integral lipat dua serta persamaan differensial biasa dan parsial.

Bahasa Inggris

KODE : MPK104

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional perlu dikuasai mahasiswa terutama untuk mempelajari materi kuliah dan literatur berbahasa Inggris. Dalam kuliah ini, mahasiswa belajar materi uji bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang meliputi aspek mendengar, menganalisis struktur, membaca, dan menulis paragraf dalam bahasa Inggris. Aspek berbicara dipelajari secara terpadu dengan aspek - aspek lain.

Olah Raga

KODE : MWU108

SKS : 1

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membekali mahassiswa dengan pemahaman tentang gerak, aktivitas fisik, permainan, dan olah raga.Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman tentang fungsi dan esensi pendidikan jasmani, olah raga, serta hubungannya dengan kebugaran dan kesehatan.

Statistika

KODE : MPK107

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Statistika merupakan mata kuliah yang berguna untuk membantu mata kuliah lain yang berhubungan dengan penelitian. Harapan yang ingin dicapai adalah dapat menggunakan ilmu statistik untuk penelitian dengan berdasar pada metode ilmiah. Perangkat lunak yang dipakai adalah SPSS.

Struktur Data

KODE : PAC212

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Struktur Data membahas cara menyimpan data didalam komputer agar dapat digunakan secara efisien.

Metode Numerik

KODE : PAC203

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membekali kemampuan Mahasiswa dalam memformulasikan masalah sains dan teknologi ke dalam model matematika dan metode numeric, selanjutnya mencari penyelesaiannya dengan membuat program komputer.

Sistem Operasi

KODE : PAC241

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Sistem Operasi merupakan kajian mendasar untuk pendidikan ilmu komputer yang membahas konsep-konsep secara teoritis dan aspek perancangan sistem operasi, yaitu apa yang dilakukan sistem operasi dan bagaimana sistem operasi diimplementasikan.

Algoritma dan Kompleksitas

KODE : PAC204

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar cara menganalisis algoritma dari aspek komputasional dan merancang solusi berdasarkan kasus yang mirip dengan algoritma baku yang sudah ada, tentunya dengan sedikit penyesuaian.

Sistem Berkas

KODE : PAC250

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan sistem penyimpanan, pengorganisasian dan pengelolaan data pada alat penyimpanan eksternal dengan menggunakan teknik organisasi data tertentu.

Pancasila dan Kewarganegaraan

KODE : MPK102

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mahasiswa belajar untuk menganalisis masalah kontekstual kewarganegaraan, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban dan kesadaran hukum.

Pemrograman Berorientasi Objek

KODE : PAC213

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek menyajikan konsep dan penerapan paradigma Pemrograman Beorientasi Objek.

Grafika dan Komputasi Visual

KODE : PAC205

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Grafika dan Komputasi Visual menyajikan dasar pengetahuan tentang grafika dan komputasi visual untuk membentuk benda -benda baik 2D maupun 3D dengan berbagai teknik.

Jaringan Komputer

KODE : PAC242

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah jaringan komputer diawali dengan pemahaman terhadap konsep protokol kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan dua stack protokol yaitu OSI dan TCP/IP. Berikutnya dibahas detil tiap lapisan pada TCP/IP dari bawah (lapisan fisik) hingga yang teratas (lapisan aplikasi). Pemahaman terhadap protokol - protokol TCP/IP menjadi dasar untuk dapat merancang dan menerapkan jaringan komputer secara efektif, efisien, dan aman di suatu organisasi nyata.

Interaksi Manusia Komputer

KODE : PAC230

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Matakuliah ini memberikan dasar konsep dan praktis tentang interaksi manusia dan komputer, model interaksi, perancangan dan implementasi antar-muka manusia dan komputer serta penggunaan tools untuk pengembangan software interface manusia dan komputer. Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mempunyai pemahaman tentang human cognition, memori manusia, penyelesaian masalah, bahasa serta apa dan bagaimana keterkaitan hal-hal tersebut dalam merancang dan mengembangkan sistem interaktif.

Kecakapan Antarpersonal

KODE : PAC290

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan kecakapan untuk kehidupan dan ekspresi diri, komunikasi, interaksi antar pribadi, konflik dan penangannya, public speaking, teamwork dan lain sebagainya yang bermanfaat untuk kehidupan sehari - hari agar menjalankan tugasnya sebagai manusia sosial.

Sistem Basis Data

KODE : PAC252

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Basis data merupakan sekumpulan file yang saling berelasi. Setiap record di dalam suatu file basis data mampu berelasi dengan record atau sekumpulan record di dalam file yang lain. Basis data menjadi salah satu sumber daya informasi, sehingga basis data menjadi satu materi penting di dalam mempelajari sistem informasi.

Pemrograman Web dan Internet

KODE : PAC214

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan mengenai pemrograman dasar yang ada di internet baik aplikasi internet maupun berbasis web bersifat statis maupun dinamis dengan memanfaatkan script atau bahasa pemrograman client-side (HTML, CSS, Javascript) maupun server-side (PHP).

Pengolahan Citra Digital

KODE : PAC206

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterprestasi oleh manusia atau mesin (dalam hal ini komputer). Teknik- tekik pengolahan citra mentransformasikan citra menjadi citralai. Citra keluaran mempunyai kualitas lebih baik daripada citra masukan.

Rekayasa Perangkat Lunak

KODE : PAC231

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar mengenai sofware proses, macam - macam model proses, reqirement, data, perbedaan pemrograman OO dengan konvensional dan hubungannya dengan tahapan pembuatan perangkat lunak seperti analisis, design, implementasi dan testing agar selanjutnya dapat menjadi bekal mahasiswa dalam membuat perangkat lunak dan dokumentasinya.

Sistem Informasi

KODE : PAC253

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Sistem Informasi menyajikan konsep Sistem Informasi dan Teknologi Informasi.

Metode dan Penulisan Riset

KODE : PAC291

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar tentang penelitian (riset) dan pendekatan-pendekatan di dalam proses riset, memahami tentang proses penulisan ilmiah dan teknik dalam penulisan ilmiah serta eskplorasi dan menerapkan pendekatan dalam proses riset dan pengembangan penulisan ilmiah.

Masyarakat dan Etika Profesi

KODE : PAC292

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar yang berguna untuk membekali mahasiswa terkait isu sosial, etis, legal dan profesional dalam disiplin Ilmu Komputer. Adapun materi yang diberikan meliputi: etika komputer, kakas analitis dan pengambilan putusan, kekayaan intelektual, kejahatan komputer dan aspek legalnya, privasi, dampak sosial teknologi infromasi, klasifikasi profesi, kode etik profesi, organisasi/asosiasi profesi dan sertifikasi di bidang TI. Dengan materi tersebut diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk bersikap etis dan profesional dalam menjalankan karirnya di bidang TI.

Teori Bahasa dan Otomata

KODE : PAC207

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Teori Bahasa dan Otomata merupakan matakuliah yang mempelajari konsep-konsep, metode-metode yang dapat digunakan untuk mengetahui macam-macam mesin Otomata, masukannya, atau keluarannya beserta tata-bahasanya yang digunakan sebagai aturan yang berlaku pada mesin Otomata tersebut. Matakuliah ini berisi mengenai jenis - jenis Otomata, masukan string pada Otomata, beserta keluaran yang dihasilkan oleh Otomata tersebut.

Kewirausahaan

KODE : MWU109

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah yang dirancang untuk mendorong minat mahasiswa, sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan secara riil dengan kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Melalui proses kreatif dan inovatif akan tercipta sesuatu yang baru dan berbeda yang dapat dijadikan nilai tambah untuk mencapai keunggulan bersaing.

Proyek Perangkat Lunak

KODE : PAC232

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar tentang Perangkat Lunak skala besar, teknik dan metode terkait dengan pengembangan perangkat lunak skala besar,mengenal dan mengoperasikan beberapa platform, framework serta mempraktekan manajemen konfigurasi perangkat lunak sekaligus melakukan bugs tracking. Selain itu mata kuliah ini juga membuat mahasiswa untuk membuat perangkat lunak baik secara tim maupun individu.

Tugas Akhir I

KODE : PAC299

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Tugas Akhir I adalah sebuah mata kuliah yang merupakan tahap pertama dalam Tugas Akhir. Tugas akhir berbentuk suatu penugasan/proyek mandiri dari seorang mahasiswa yang dilakukan dengan arahan seorang dosen pembimbing. Sebagai rangkaian pertama dari suatu tugas akhir, mata kuliah Tugas Akhir I ini mewajibkan mahasiswa untuk dapat menghasilkan suatu rumusan permasalahan dari proyek yang diangkat beserta rancana penyelesaiannya. Rumusan dan rencana penyelesaian proyek ini dituangkan dalam suatu proposal yang akan diseminarkan.

Kuliah Kerja Lapangan

KODE : PAC297

SKS : 1

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang aplikasi komputer di lapangan dengan melakukan kunjungan lapangan ke instansi/perusahaan, kemudian mendiskusikannya dan membuat laporan.

Kuliah Kerja Nyata

KODE : MWU411

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini mengenalkan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.

Tugas Akhir II

KODE : PAC399

SKS : 4

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Tugas Akhir II adalah sebuah mata kuliah yang menjadi rangkaian akhir dari suatu Tugas Akhir. Tugas akhir berbentuk suatu penugasan/ proyek mandiri yang dilakukan seorang mahasiswa dengan arahan seorang dosen pembimbing. Sebagai rangkaian akhir dari Tugas Akhir, maka pada mata kuliah ini diarahkan untuk menyelesaikan proyek yang telah diajukan sesuai dengan rencana kerja yang telah ditulis pada proposal. Pada mata kuliah Tugas Akhir Iiini mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan dari penyelesaian permasalahan yang diangkat dalam proyek dan akan diuji oleh tim penguji Tugas Akhir.

Praktik Kerja Lapangan

KODE : PAC298

SKS : 2

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu kegiatan praktik kerja/magang yang dilakukan oleh mahasiswa pada suatu perusahaan/instansi/organisasi untuk menerapkan mata kuliah yang sudah pernah diambil dan yang sudah lulus, dan mahasiswa dapat membuat deskripsi teoritis dan analitis dari sudut pandang bidang studi khususnya mata kuliah yang bersangkutan, dalam bentuk laporan tertulis untuk diseminarkan.

Topik yang dapat dikerjakan pada PKL meliputi segala permasalahan yang ada dalam suatu perusahaan/instansi/organisasi tempat dilaksanakan PKL yang berhubungan dengan mata kuliah yang sudah pernah diambil oleh mahasiswa yang bersangkutan dan sudah dinyatakan lulus. Perusahaan/instansi/organisasi yang dapat dijadikan tempat dilaksanakan PKL adalah perusahaan/instansi/organisasi yang berbadan hukum.

Operasi Riset dan Simulasi

KODE : PAC321

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan mengenai riset operasional, metode-metode pada program liner dan kasus maksimasi, minimasi, analisa morkov, analisa antrian, tipe-tipe simulasi yang diharapkan nantinya mahasiswa dapat melakukan optimasi.

Pengenalan Pola

KODE : PAC323

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Di awal kuliah akan dipelajari mengenai ide dasar, konsep, algoritma dan teknik untuk membuat komputer dapat mengenali suatu objek atau media. Penekanan materi pada penerapan pembelajaran mesin untuk memecahkan masalah seperti pengenalan terhadap suatu objek.

Kriptografi

KODE : PAC325

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan dasar-dasar kriptografi dan keamanan informasi, membahas sejarah kriptografi, perkembangan kriptografi modern, dan dasar-dasar teori yang digunakan dalam kriptografi. Dalam perkuliahan ini, mahasiswa akan dibekali dengan konsep-konsep matematika yang diperlukan dalam kriptografi.

SIstem Multimedia

KODE : PAC341

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Sistem Multimedia membahas mengenai berbagai bentuk representasi media dan penggunaannya dalam dunia teknologi informasi, dapat mengenal dan memahami berbagai teknik dan metode pemrosesan media (pengkodean, kompresi, dan transmisi), dan dapat terampil menggunakan berbagai format media dalam pengembangan aplikasi maupun visualisasi data.

Sistem Tertanam

KODE : PAC343

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan diawali dengan penjelasan konsep dasar tentang sistem tertanam, pengenalan sensor dan akuator, rangkaian dasar sistem, teknik kontrol ,perancangan perangkat keras menggunakan Mikrokontroler Arduino, serta implementasi perangkat lunak dalam membangun suatu sistem tertanam berbasis Arduino. Berikutnya dibahas rancang bangun telah memiliki sistem operasi yaitu raspberry pi beserta implementasinya pada berbagai proyek aplikatif.

Cloud Computing

KODE : PAC345

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membahas mengenai berbagai teknologi yang dapat membentuk cloud computing, berbagai model cloud computing dan implementasi program menggunakan platform cloud computing.

Robotika

KODE : PAC361

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma motion planning dasar pada robot dan mampu mengintegrasikan sensor, akuator dan perangkat lunak dalam sebuah robot yang dirancang untuk suatu tugas tertentu.

Algoritma Genetika

KODE : PAC363

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Setelah mengikuti mata kuliah algoritma genetika diharapkan dapat menerapkan konsep algoritma genetika dalam mengembangkan pemrograman komputer dan menghasilkan aplikasi sistem kecerdasan komputer pada penyelesaian permasalahan – permasalahan non-linier.

Machine Learning

KODE : PAC365

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Di awal kuliah akan dipelajari mengenai ide dasar, intuisi, konsep, algoritma dan teknik untuk membuat komputer menjadi lebih cerdas. Penekanan materi pada teknik dasar pembelajaran secara supervised, unsupervised, dan reinforcement. Mahasiswa akan diperkenalkan dengan area permasalahan dan batasan masalah (curse of dimensionality) dalam pembelajaran mesin yang meliputi Klasifikasi dan Klustering.

Uji dan Mutu Perangkat Lunak

KODE : PAC331

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan dasar kerja untuk melalukan pengujian perangkat lunak untuk memastikan mutu suatu perangkat lunak dan mendokumentasikan hasil pengujian tersebut dalam laporan pengujian yang lengkap.

Arsitektur dan Pola Perangkat

KODE : PAC333

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membahas mengenai arsitektur perangkat lunak dan pola - pola desain dalam perangkat lunak secara detail untuk setiap kategori arsitektur dan pola perangkat lunak.

Manajemen Proyek Perangkat Lun

KODE : PAC335

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah manajemen proyek perangkat lunak membahas mengenai proses, metode, teknik, dan tools yang digunakan organisasi untuk mengelola proyek sistem informasi. Pembahasan meliputi metodologi sistematis dalam menginisiasi, merencanakan, menjalankan, mengendalikan, hingga menutup proyek. Manajemen proyek merupakan pekerjaan yang dilakukan secara berkelompok, sehingga kemampuan dalam mengelola kinerja tim menjadi hal yang utama dalam perkuliahan ini.

Pemrograman Berorientasi Aspek

KODE : PAC311

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini merupakan topik lanjut dari Pemrograman Berorientasi Objek yang menekankan pada penggunaan aspek pada pemrograman untuk kepentingan modularisasi program.

Kompilasi dan Bahasa Pemrogram

KODE : PAC313

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membahas mengenai konsep umum bahasa pemrograman.

Pemrograman Paralel

KODE : PAC315

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Pemrograman Paralel membahaspembuatan program paralel dengan model thread di sistem komputer SMP menggunakan POSIX thread dan OpenMP, mampu membuat program paralel dengan model message-passing di sistem terdistribusi menggunakan MPI, dan mampu menganalisis faktor speedup yang diperoleh dari program paralel tersebut.

Basis Data Nonrelasional

KODE : PAC351

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Basis Data Non Relasional membahas mengenai cara pembuatan basis data non relasional.

Audit Sistem Informasi

KODE : PAC353

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar Audit Sistem Informasi, peraturan dalam Audit SI, Lingkungan sistem, Aset SI, berbagai kebutuhan Audit SI, pelaksanaannya dan pengujian keamanan SI.

Data Mining

KODE : PAC355

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Di awal kuliah akan dipelajari konsep analisa data untuk mencari pola/model (representasi pengetahuan) dari sebuah dataset dengan menggunakan algoritma-algoritma Data mining meliputi Klasifikasi, Klastering, Estimasi, Kaidah Asosiasi. Juga membahas teknik pengolahan data meliputi data preparation, data cleaning, data transformation .

Topik Khusus

KODE : PAC391

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan dasar-dasar tentang Bioinformatika, pengenalan microarray beserta preprosesing, klasifikasi data, dan klasterisasinya, serta sequence alignment pada data microarray.

Sistem Temu Balik Informasi

KODE : PAC322

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Matakuliah ini menjelaskan mengenai cara merancang sistem temu balik informasi pada berbagai domain (teks, image, audio dan video) termasuk di dalamnya proses untuk mengevaluasi dan memperbaiki sistem dengan menggunakan pendekatan relevance feedback.

Komputasi Mutakhir

KODE : PAC324

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membahas mengenai konsep umum model teknologi komputasi mutakhir, berdasarkan tiga rancangan dasar: piranti pintar, lingkungan pintar, dan interaksi pintar, terkait dan mendukung visi komputer untuk jangkauan piranti komputer yang lebih luas, digunakan dalam aktivitas dan lingkungan yang lebih luas.

Sistem Terdistribusi

KODE : PAC342

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini menjelaskan dasar tentang jaringan komputer, cara kerja internet, arsitektur sistem terdistribusi serta aplikasi yang berjalan di atasnya.

Keamanan Jaringan

KODE : PAC344

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Pada Kuliah keamanan jaringan mempelajari bagaimana jika suatu sistem saling terhubung dengan jaringan. Ancaman apa saja yang dapat muncul dalam suatu jaringan. Selain itu juga disinggung bagaimana menganalisa keamanan suatu jaringan serta menerapkan tindakan pencegahan maupun penanganan terhadap terjadinya suatu serangan

Logika Fuzzy

KODE : PAC 362

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Dalam perkuliahan Logika Fuzzy membahas bagaimana penerapan logika fuzzy dalam permasalahan tertentu serta langkah perancangan Sistem Berbasis Fuzzy untuk menyelesaikan masalah tertentu.

Jaringan Saraf Tiruan

KODE : PAC364

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Di awal kuliah akan dipelajari konsep dasar dari jaringan sayaraf tiruan, kemudian pertemuan selanjutnya mempelajari tentang beberapa jaringan syaraf tiruan diantaranya Neuron Mc Callough, Hebb, perceptron, madaline, Backpropagation, LVQ, dan kohonen. Diakhir kuliah memberikan contoh penerapan jaringan syaraf tiruan untuk menyelesaikan masalah dan penggunaan metode KNN untuk jaringan syaraf tiruan.

Metode Tangas Perangkat Lunak

KODE : PAC332

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini mengenalkan konsep pengembangan perangkat lunak secara agile (tangkas) berikut berbagai metode pengembangan di dalamnya beserta practice-nya.

Rekayasa Ulang Sistem

KODE : PAC334

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membahas mengenai ancangan rekayasa ulang sistem informasi, meliputi konversi dan integrasi dari sistem basis data hirarki atau jaringan ke teknologi basis data relasional, atau dari basis data relasional ke basis data berbasis objek atau XML.

Pemrograman Aras Sistem

KODE : PAC312

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membahas pemrograman low level menggunakan pemrograman assembly. Mahasiswa dapat mempelajari pengelamatan mesin, stack operations, subrutin dan pemrograman intrrupt driven I/O

Pemrograman Konkuren

KODE : PAC314

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Pemrograman Konkruen membahas konsep pemrograman konkuren, penerapan konsep pemrograman konkuren untuk menyelesaikan berbagai kasus, dengan menggunakan pemrograman Java, membedakan pemrograman konkuren dengan pemrograman parallel, dan menguji program yang menggunakan konsep pemrograman konkuren.

Data Warehouse

KODE : PAC352

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Data Warehouse membahas pengolahan sumber data transaksional sehingga menjadi data yang siap untuk dilakukan analisa.

Analisis dan Perancanagan SI

KODE : PAC354

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi merupakan matakuliah yang mempelajari konsep-konsep , metode-metode yang dapat digunakan untuk menganalisis sistem informasi saat ini dan merancang sistem informasi baru yang akan dikembangkan. Matakuliah ini berisi siapa saja yang bermain dalam SI, blok bangunan SI, pengembangan SI, analisis sistem, pemodelan data dan proses, analisis kelayakan, perancangan sistem , pemodelan aplikasi, perancangan database, perancangan input, output, perancangan input, dan perancangan antarmuka user.

Standardisasi

KODE : PAC392

SKS : 3

PRASYARAT : -

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membahas mengenai berbagai standar yang digunakan dalam bidang ilmu komputer/informatika.