Years

Semester

Pendidikan Agama

CODE : UNW00001

SKS : 2

DESCRIPTION :

Visi mata kuliah Pendidikan Agama adalah "terbentuknya mahasiswa yang memiliki kepribadian utuh (kaffah) dengan menjadikan ajaran Islam sebagai landasan berpikir dan berperilaku dalam pengembangan kepribadian, keilmuan, dan profesinya". Mahasiswa belajar menjadi ilmuwan dan profesional yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan memiliki etos kerja, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan.

Dasar Pemrograman

CODE : AIK21311

SKS : 3

DESCRIPTION :

Pada semester 1, mahasiswa berkenalan dengan pemrograman sederhana dalam kuliah Dasar Pemrograman. Pemrograman ini memandang bahwa solusi persoalan adalah sekumpulan fungsi yang saling memanggil dan saling melayani. Konsep tipe data menjadi dasar pengolahan nilai dengan konsep rekursif. Fokus dari pemrograman ini adalah pembuatan rancanagan fungsi secara utuh, yang terdiri atas Definisi, Spesifikasi , Realisasi, dan Aplikasi. Di kelas, mahasiswa belajar notasi fungsional, sedangkan di laboratorium, mahasiswa belajar salah satu bahasa pemrograman yang relevan, misalnya LISP, Haskell, Scheme, atau F#.

Dasar Sistem

CODE : AIK21312

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini menjadi dasar pada bidang kajian infrastruktur siste yang mengenalkan sistem digital sebagai dasar membangun sistem komputer, hingga pembangunan komponen prosesor sederhana berupa SAP-1 (simple as possible - 1).

Logika Informatika

CODE : AIK21314

SKS : 3

DESCRIPTION :

Materi yang diberikan pada kuliah ini mencakup pengantar computational logic, representasi proportional logic mencakup sintaks dari semantik, representasi relational logic mencakup sintaks dan semantik, berbagai teknk pembuktian dari pendekatan semanctic reasoning maupun proof method untuk proportional logic dan relational logic, serta paradigm pemrograman deklaratif yang menggunakan dasar relational logic untuk melakukan penalaran.

Bahasa Inggris

CODE : UNW00006

SKS : 2

DESCRIPTION :

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional perlu dikuasai mahasiswa terutama untuk mempelajari materi kuliah dan literatur berbahasa Inggris. Dalam kuliah ini, mahasiswa belajar materi uji bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang meliputi aspek mendengar, menganalisis struktur, membaca, dan menulis paragraf dalam bahasa Inggris. Aspek berbicara dipelajari secara terpadu dengan aspek-aspek lain.

Matematika I

CODE : AIK21310

SKS : 2

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar Matematika I, konsep dan aplikasi deratif, integral tak tentu dan tentu.

Struktur Diskrit

CODE : AIK21313

SKS : 4

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar matematika kepada mahasiswa meliputi tentang himpunan, fungsi, relasi dan graph selain itu juga mengenai kombinatorik, system formal, tree dan aplikasi pemrograman agar memberikan dasar matematis untuk kuliah - kuliah di ilmu komputer.

Bahasan Indonesia

CODE : UNW00004

SKS : 2

-->

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini berisi pengetahuan tentang sejarah kedudukan dan fungsi bahasa, ragam bahasa ilmiah, membaca kritis, EBI da kata baku, kalimat efektif, paragraf, menulis makalah dan laporan, menulis proposal, kutipan dan rujukan, daftar pustaka, presentasi ilmiah, dan penyajian lisan, dan menulis surat.

Algoritma dan Pemrograman

CODE : AIK21321

SKS : 4

-->

DESCRIPTION :

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentifikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi. Mahasiswa mampu menerapkan konsep abstraksi dan struktur data dalam merancang program komputer.

Organisasi dan Arsitektur Komp

CODE : AIK21322

SKS : 4

-->

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini menjelaskan dasar kerja dan komponen pembentuknya serta urutan untuk mengeksekusi suatu instruksi. Juga menjelaskan organisasi dan fungsi setiap komponen pembentuk komputer serta menjelaskan konsep pipelining sebagai salah satu cara pemrosesan paralel.

Statistika

CODE : AIK21323

SKS : 2

-->

DESCRIPTION :

Mata kuliah Statistika merupakan mata kuliah yang berguna untuk membantu mata kuliah lain yang berhubungan dengan penelitian. Harapan yang ingin dicapai adalah dapat menggunakan ilmu statistik untuk penelitian dengan berdasar pada metode ilmiah. Perangkat lunak yang dipakai adalah SPSS. Dalam pembelajarannya menggunakan cara Discovery Lernaning dan Problem Based Learning yang digabung dengan Simulation/Demonstration. Untuk proses analisisnya dimulai dengan pemberian kasus, input data, komputasi, hingga keluar olahan. Selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan metode yang relevan yang ada di statistika.

Aljabar Linear

CODE : AIK21324

SKS : 3

-->

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini membekali kemampuan mahasiswa dalam memformulasikan masalah sains dan teknologi ke dalam ruang vektor, basis dan dimensi, transformasi linear, ruang inner product, eigen vektor dan eigen values, bentuk kuadrat, dan bentuk kanonik Jordan(pengayaan).

Matematika II

CODE : AIK21320

SKS : 2

-->

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini membahas mengenai integral lipat dua serta persamaan differensial biasa dan parsial.

Olah Raga

CODE : UNW00005

SKS : 1

-->

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini membekali mahassiswa dengan pemahaman tentang gerak, aktivitas fisik, permainan, dan olah raga.Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman tentang fungsi dan esensi pendidikan jasmani, olah raga, serta hubungannya dengan kebugaran dan kesehatan.

Pancasila

CODE : UNW00002

SKS : 2

-->

DESCRIPTION :

Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Mahasiswa mampu membangun paradigma baru dalam dirinya sendiri nilai-nilai Pancasila melalui kemampuan menjelaskan sejarah, kedudukan dan hakikat sila-sila Pancasila, merespon persoalan aktual bangsa dan negara, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan.

Kewirausahaan

CODE : UNW00007

SKS : 2

-->

DESCRIPTION :

Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Melalui proses kreatif dan inovatif akan tercipta sesuatu yang baru dan berbeda yang dapat dijadikan nilai tambah untuk mencapai keunggulan bersaing.

Mata kuliah Kewirausahaan dirancang membekali mahasiswa agar dapat mempunyai pengetahuan, jiwa kewirausahaan, dan mampu melakukan simulasi kewirausahaan. Melalui kuliah ini kepada mahasiswa akan diberikan pengetahuan serta pemahaman tentang pentingnya karakter dan semangat Kewirausahaan, mengkomunikasikan ide dan pemikirannya kepada orang lain, dan mampu secara mandiri atau bersama-sama menciptakan produk jasa maupun layanan yang mempunyai potensi untuk dijual.

Struktur Data

CODE : AIK21331

SKS : 4

-->

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini berisi tentang tipe tipe data yang dibutuhkan dalam pemrograman, seperti tipe data dasar, array, stack, queue, string, set, graph, list, dan hash.

Sistem Operasi

CODE : AIK21332

SKS : 3

-->

DESCRIPTION :

Sistem Operasi merupakan kajian mendasar untuk pendidikan ilmu komputer yang membahas konsep-konsep secara teoritis dan aspek perancangan sistem operasi, yaitu apa yang dilakukan sistem operasi dan bagaimana sistem operasi diimplementasikan.

Basis Data

CODE : AIK21333

SKS : 4

-->

DESCRIPTION :

Mata kuliah basis data bertujuan memberikan pengetahuan mengenai basis data secara teoritis dan praktis yang difokuskan pada sistem basis data relational, serta kemampuan dasar di dalam menggunakan Sistem Manajemen Basis Data. Pengetahuan dan kemampuan dasar tersebut memberikan manfaat di dalam merancang pengelolaan data untuk suatu sistem informasi. Praktikum di laboratorium komputer dan penyelesaian tugas dari dosen akan memberikan ketrampilan dasar di dalam menggunakan Sistem Manajemen Basis Data yang dirancang untuk sistem personal maupun sistem basis data komersial.

Metode Numerik

CODE : AIK21334

SKS : 3

-->

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini membekali kemampuan Mahasiswa dalam memformulasikan masalah sains dan teknologi ke dalam model matematika dan metode numerik, selanjutnya mencari penyelesaiannya dengan membuat program komputer.

Interaksi Manusia Komputer

CODE : AIK21335

SKS : 3

-->

DESCRIPTION :

Matakuliah ini memberikan dasar konsep dan praktis tentang interaksi manusia dan komputer, model interaksi, perancangan dan implementasi antar-muka manusia dan komputer serta penggunaan tools untuk pengembangan software interface manusia dan komputer. Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mempunyai pemahaman tentang human cognition, memori manusia, penyelesaian masalah, bahasa serta apa dan bagaimana keterkaitan hal-hal tersebut dalam merancang dan mengembangkan sistem interaktif.

Pemrograman Berorientasi Objek

CODE : AIK21341

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek menyajikan konsep dan penerapan paradigma Pemrograman Berorientasi Objek.

Jaringan Komputer

CODE : AIK21342

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah jaringan komputer diawali dengan pemahaman terhadap konsep protokol dilanjutkan dengan memperkenalkan dua stack protokol yaitu OSI dan TCP/IP. Berikutnya dibahas detil tiap lapisan pada TCP/IP dari bawah (lapisan fisik) hingga yang teratas (lapisan aplikasi). Pemahaman terhadap protokol-protokol TCP/IP menjadi dasar untuk dapat merancang jaringan komputer secara efektif, efisien, dan aman di suatu organisasi nyata.

Manajemen Basis Data

CODE : AIK21343

SKS : 3

DESCRIPTION :

Materi yang diberikan pada kuliah ini mencakup peningkatan perfomansi basis data melalui perbaikan skema (termasuk indeks) dan query, pengelolaan keamanan dan kontrol akses pengguna, pengelolaan transaksi serta pemulihan basis data saat terjadi gangguan, pemrograman basis data menggunakan fungsi dan prosedur tersimpan di basis data, oenjagaan integritas basis data dengan memanfaatkan constraint, assertions, dan triggers, serta pengelolaan basis data terdistribusi,

Grafika dan Komputasi Visual

CODE : AIK21344

SKS : 3

DESCRIPTION :

Grafika dan Komputasi Visual adalah salah satu mata kuliah dalam Ilmu Komputer yang membahasa tentang konsep grafika komputasi dan pengelolaan citra digital. Pada mata kuliah ini akan dibahas tentang konsep dan perbedaan antara grafika komputer dan pengelolaan citra digital. Materi akan berkisar tentang pembangunan suatu primitif dalam grafika komputer dan diikuti dengan teknik-teknik manipulasi pada objek primitif. Primitif yang dimaksud adalah primitif pada dimensi 2 dan dimensi 3. Selain itu, pembahasan dilanjutkan dengan konsep citra digital dan teknik-teknik yang dapat digunakan dalam manipulasi dan pengelolaan citra digital. 

Rekayasa Perangkat Lunak

CODE : AIK21345

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang memberikan pengertian tentang rekayasa perangkat lunak dan kemampuan dasar dalam membangun perangkat lunak skala kecil dan sederhana, serta kemampuan mengoperasikan tools terkait pemodelan perangkat lunak. Adapun materi yang diberikan meliputi: Tipe Perangkat Lunak (P/L); Pengantar Rekayasa P/L; Siklus Hidup P/L, mencakup pengumpulan kebutuhan, analisis, perancangan, implementasi, pengujian, pengoperasian, dan perawatan; Berbagai Model Proses, mencakup waterfall, prototyping,, incremental, agile process model, dll; Metodologi Pembagunan P/L (termasuk metode berorientasi objek): kelebihan, kekurangan, dan aspek praktisnya di industri; Standard dan Dokumentasi P/L, mencakup SDD, SRS, SDD, STP; Alat Bantu Pemodelan P/L, mencakup UML dan DFD; Studi kasus: Pembangunan P/L Skala Kecil (diberikan spesifikasi kebutuhan, dilakukan analisis, perancangan, dan perencanaan pengujian). Dengan materi tersebut diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan diri untuk mempelajari mata kuliah lain yang lebih lanjut dengan baik.

Sistem Cerdas

CODE : AIK21346

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini merupakan mata uliah wajib yang mempelajari tentang solusi-solusi dari masalah yang sulit dann tidak praktis jika menggunakan pendekatan tradisional. Hal ini untuk mendukung oencarian solusi bagi aplikasi-aplikasi harian seperti email, pemrosesan kata dan pencarian, dimana dalam desain dan analisis dari otomatis agent tergantung dari lingkungan dan persepsi yang di terima. Ada tiga hal utama yang dipelajari yaitu skema representasi pengetahuan, mekanisme penyelesaian masalah dan teknik pembelajaran.

Analisis dan Strategi Algoritm

CODE : AIK21354

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mahasiswa belajar cara menganalisis algoritma dari aspek komputasional dan merancang solusi berdasarkan kasus yang mirip dengan algoritma baku yang sudah ada, tentunya dengan sedikit penyesuaian.

Pengembangan Berbasis Platform

CODE : AIK21351

SKS : 3

DESCRIPTION :

Pada semester 5 (lima), mahasiswa belajar pemrograman Web dan aplikasi mobile. Mahasiswa belajar konsep skripting paling sederhana HTML-*ML, CSS, *script, sampai bahasa PHP/ASP. Mahasiswa juga belajar membuat aplikasi mobile sederhana. Selain itu mahasiswa dikenalkan pada platform lain yaitu game dan industrial.

Komputasi Tersebar dan Paralel

CODE : AIK21352

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah Kualitas Komputer Tersebar dan Paralel menyajian konsep dan penerapan Komputasi Tersebar dan Paralel.

Kewarganegaraan

CODE : UNW00003

SKS : 2

DESCRIPTION :

Mahasiswa belajar untuk menganalisis masalah kontekstual kewarganegaraan, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air,  demokrasi berkeadaban dan kesadaran hukum.

Sistem Informasi

CODE : AIK21353

SKS : 3

DESCRIPTION :

Pada kuliah ini diberikan pengerian dan pengetahuan tentang jenis, fungsi, struktur dan peran informasi berbasis komputer pada suatu organisasi. Selain itu mahasiswa juga diberikan kemampuan untuk melakukan analisis dan penetapan kebutuhan informasi organisasi, mentransformasikan kebutuhan kedalam rancangan sistem informasi yang sesuai dan menerapkannya ke dalam bentuk prototipe, sehingga organisasi dan manajemen akan lebih produktif, efisien, dan efektif sehingga diharapkan akan memiliki keunggulan untuk berkompetisi.

Proyek Perangkat Lunak

CODE : AIK21355

SKS : 3

DESCRIPTION :

Definisi perangkat lunak skala besar; berbagai masalah dalam pengembangan perangkat lunak skala besar dan solusinya; abstraksi; SW Pattern; code generator; pengenalan berbagai platform, framework, dan tools; konfigurasi P/L (konsep, tools, pracitces...); dilengkapi dengan studi kasus berupa proyek pembangunan P/L skala besar dengan mempraktekkan semua teori yang telah diberikan, atau berupa reverse engineering suatu perangkat lunak skala besar untuk mendapatkan modelnya.

Machine Learning

CODE : AIK21356

SKS : 3

DESCRIPTION :

Seiring dengan semakin banyaknya berbagai aplikasi di berbagai domain (seperti bioinformatics, computer vision, robotics, dan lain-lain) maka kita akan menyaksikan semakin banyak pula dijumpai data yang kompleks, sehingga diperlukan sebuah cara untuk dapat menyajikan informasi data-data tersebut secara lebih efektif dan efisien. Bidang machine learning menawarkan beberapa teknik untuk (otomatis) menyimpulkan pola yang erguna dalam data, dan membuat prediksi dari data terebut. Teknik-teknik yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini terfokus ke dalam tiga metode, yakni supervised learning, unsupervised learning dan reinforment learning. Pada mata kuliah ini juga akan dijelaskan bagaimana teknik evaluasi untuk menilai kinerja dari ketiga metode teserbut. Kajian mengenai teknik utuk mengatasi permasalahan curse of dimentionality serta ensamble learning menjadi bahasan akhir dari mata kuliah machine learning.

Uji Perangkat Lunak

CODE : AIK21361

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah Uji Perangkat Lunak memberikan landasan pegetahuan mengenai pengujian perangkat lunak yang meliputi siklus hidup pengujian, dan berbagai macam jenis pengujian yang dapat dilakukan pada perangkat lunak. Materi disusun berdasarkan siklus hidup pengujian, dtambah dengan berbagai materi terkait seperti pengujian pada artifak/aplikasi spesifik, pembentukan tim pengujian, dan memonitoring pengujian.

Masyarakat dan Etika Profesi

CODE : AIK21362

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar berguna untuk membekali mahasiswa terkait isu sosial, etis, legal dan profesional dalam disiplin Ilmu Komputer. Adapun materi yang diberikan meliputi: etika komputer, kakas analitas dan pengambilan putusan, kekayaan intelektual, kejahatan komputer dan aspek legalnya, privasi, dampak sosial teknologi informasi, klasifikasi profesi, kode etik profesi, organisasi/asosiasi profesi dan sertifikasi di bidang TI. Dengan materi tersebut diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk bersikap etis dan profesional dalam menjalankan karirnya di bidang TI.

Teori Bahasa dan Otomata

CODE : AIK21364

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah Teori Bahasa dan Automata merupakan matakuliah yang mempelajari konsep-konsep, metode-metode yang dapat digunakan untuk mengetahui macam-macam mesin automata, masukannya, atau keluarannya beserta tatabahasanya yang digunakan sebagai aturan yang berlaku pada mesin automata tersebut. Matakuliah ini berisi mengenai jenis-jenis automata, masukan string pada automata, beserta keluaran yang dihasilkan oleh automata tersebut.

Manajemen Proyek

CODE : AIK21365

SKS : 3

DESCRIPTION :

Kuliah ini memberikan landasan pengetahuan mengenai manajemen proyek dalam teknologi informasi dan penerapannya pada sebuah proyek perangkat lunak berdasarkan metodologi pengembangan perangkat lunak sesuai standar internasional.

Praktik Kerja Lapangan

CODE : AIK21571

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang berguna untuk mempraktikkan ilmu yang didapat di bangku kuliah  ke instansi / perusahaan di luar kampus. PKL berguna sebagai latihan kerja agar dapat bekerja sama  dengan orang lain dan mendapatkan pengetahuan lain dari tempat PKL. Selain itu agar dapat terjalin hubungan kerja sama antara kampus dengan instansi/perusahaan. Dalam pembelajarannya menggunakan cara Problem Based Learning, Discovery Learning, Self-Directed Learning dan digabung dengan Simulation. Secara umum susunan materi adalah: Pendahuluan, Tinjauan Instansi / Perusahaan, Dasar Teori, Analisis dan Perancangan, Implementasi dan Pengujian, Penutup, Daftar Pustaka dan Lampiran. Dengan urutan materi tersebut diharapkan mudah dan terjalin kesamaan pandangan dalam penyusunan laporan PKL. 

Metode Perangkat Lunak

CODE : AIK21411

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini memberikan landasan mengenai berbagai metode pengembangan perangkat lunak yang meliputi heuristics method dan agile method. Berbagai karakteristik dari masing-masing metode pengembangan diuraikan sehingga mahasiswa diharapkan dapat memilih metode yang tepat untuk sebuah proyek.

Metodologi dan Penulisan Ilmia

CODE : AIK21588

SKS : 2

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang mempelajari konsep-konsep dasar penelitian,  proses dan teknik penulisan ilmiah seperti pembuatan proposal penelitian, teknikteknik dalam analisa data, teknik penulisan artikel imiah serta kiat-kiat dalam melakukan presentasi ilmiah.

Tugas Akhir

CODE : AIK21589

SKS : 6

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah khusus yang berguna untuk menyusun karya ilmiah mandiri sebagai syarat akhir untuk mendapatkan gelar sarjana. Tugas akhir/Skripsi merupakan kumpulan atau  gabungan dari banyak mata kuliah sebelumnya pada kurikulum yang ada. Cara pengujiannya disyaratkan semua mata kuliah lain yang diambil mahasiswa tersebut harus sudah lulus. Dalam pembelajarannya biasanya menggunakan cara Problem Based Learning, Discovery Learning, Self-Directed Learning dan digabung dengan Simulation. Secara umum susunan materi adalah: Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metodologi Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Penutup, Daftar Pustaka dan Lampiran. Dengan urutan materi tersebut diharapkan mudah dan terjalin kesamaan pandangan dalam penyusunan laporan TA. 

Algoritma Evolusioner

CODE : AIK21441

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini mempelajari algoritma berdasar prinsip evolusi pada makhluk hidup. Dalam mata kuliah ini akan dipelajari Masalah Optimasi, Algoritma Genetika, Optimasi masalah kombinatorial, Strategi Evolusi, Genetic Programming dan Evolutionary Programming.

Rekayasa Sistem

CODE : AIK21414

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini membahas mengenai metode dalam melakukan reengineering / rekayasa ulang sebagai bagian dari evolusi perangkat lunak. Metode yang dibahas pada mata kuliah ini  adalah rekayasa ulang dari data yang telah ada serta rekayasa ulang dari kode dan sistem yang telah terbentuk. Hal tersebut dilakukan untuk membuat sistem yang telah ada mampu berintegrasi dengan sistem baru atau untuk pengembangan sistem. 

Sistem Tertanam

CODE : AIK21435

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah sistem tertanam diawali dengan pemahaman terhadap konsep sistem tertanam kemudian dilanjutkan dengan pengenalan sensor, aktuator, serta perancangan perangkat keras menggunakan Arduino, serta implementasi perangkat lunak dalam membangun suatu sistem tertanam sederhana yang berguna. Berikutnya dibahas rancang bangun pada perangkat embedded sistem yang telah memiliki  sistem operasi  yaitu raspberry pi beserta implementasinya pada berbagai proyek aplikatif.

Robotika

CODE : AIK21443

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang berguna untuk memperdalam kemampuan informatika. Adapun materi yang diberikan meliputi: Perkembangan sistem robot; mengintegrasikan sensor, aktuator dan pemroses; mengimplementasikan sofware pada perangkat keras; paradigma hirarki dan reaktif; topological path planning; metrik path planning; dan localization dan map making. 

Temu Balik Informasi

CODE : AIK21444

SKS : 3

DESCRIPTION :

Seiring dengan perkembangan internet dan teknologi hardware yang kian pesat, maka volume data teks, image, audio, dan video juga semakin meningkat.  Hal tersebut mengakibatkan perlunya sebuah teknik yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian kembali data-data tersebut sesuai dengan kebutuhan dari para penggunanya.  Atau dengan kata lain diperlukan sebuah sistem temu balik informasi yang memiliki kinerja yang optimal, yaitu data-data yang diperoleh kembali tersebut harus memiliki relevansi yang tinggi dengan kebutuhan pengguna.

Dasar Pemrograman

CODE : PAIK6102

SKS : 3

DESCRIPTION :

Mata kuliah Dasar Pemrograman merupakan seri pertama kelompok pengembangan perangkat lunak dengan fokus pada paradigma fungsional yang dilengkapi dengan notasi fungsional.

Struktur Diskrit

CODE : PAIK6105

SKS : 4

DESCRIPTION :

Struktur Diskrit merupakan materi dasar dalam Ilmu Komputer. Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa tentang teori-teori dan konsep dasar dalam melakukan komputasi, selain itu materi ini juga akan melatih mahasiswa untuk berfikir secara analitis dan logis. Mata kuliah Struktur Diskrit ini berisi beberapa materi dasar komputasi yang meliputi teori himpunan, fungsi, matematika kombinatorik, teori graph dan pohon serta beberapa penerapannya dalam komputasi.

Logika Informatika

CODE : PAIK6104

SKS : 4

DESCRIPTION :

Logika Informatika merupakan sebuah mata kuliah sebagai dasar bagi matakuliah lain seperti Sistem Cerdas, dengan harapan mahasiswa mempunyai konsep berpikir komputasi (Computational thinking) dalam memecahkan sebuah masalah. Mata kuliah ini berisi konsep dasar Proporsional Logic dan First Order Logic, Validitaa, Invaliditas, Inference Rule, Pohon Semantik, Logical Ekuivalen serta pembentukan normal form dan resolusi baik PL maupu FOL.